rpp mail handling
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
Sekolah : SMK
VOCTECH 2 TANGERANG
Kompetensi Keahlian : Administrasi
Perkantoran
Kelas/Semester : X I/1
Pertemuan Ke : 1,2,3,4,5
Alokasi Waktu : 20 X 35 menit
Standar Kompetensi : Menangani
Surat/dokumen kantor
Kompetensi Dasar : Mengidentifikasi Jenis-jenis surat/dokumen
Indikator :
v Menjelaskan pengertian surat/dokumen
v Mengklasifikasikan surat sesuai dengan
jenisnya
v Menyebutkan pengertian jenis-jenis surat
v Membedakan surat pribadi, surat dinas dan
surat niaga
v Mengonsep berbagai macam jenis surat
Terintregritas pada :
Pendidikan Budaya Karakter Bangsa
|
Ya
|
Tidak
|
Disiplin
|
ü
|
|
Kejujuran
|
ü
|
|
Tanggung jawab
|
ü
|
I.
Tujuan Pembelajaran :
Setelah selesai mengikuti kegiatan ini,
diharapkan siswa dapat :
-
Menyebutkan
dan menjelaskan jenis-jenis surat
-
Membedakan
penggunaan bahasa surat pada surat pribadi dan surat resmi
-
Membedakan
surat berdasarkan jenisnya
-
Mengonsep
macam-macam surat
II.
Materi Pembelajaran
·
Pengertian
surat/dokumen
·
penggolongan
surat berdasarkan wujudnya
·
penggolongan
surat berdasarkan sifatnya
·
penggolongan
surat berdasarkan keamanan isinya
·
penggolongan
surat berdasarkan proses penyelesaiannya
·
penggolongan
surat menurut kegiatannya
·
penggolongan
surat menurut sasaran yang dituju
·
penggolongan
surat menurut dinas pos
III. Metode Pembelajaran :
a.
Model
:STAD
b.
Metode : Ceramah
Interaktif, Diskusi kelompok, Tanya jawab
IV. Langkah Pembelajaran
Pertemuan Ke-1
NO
|
KEGIATAN
|
ALOKASI WAKTU
|
NILAI
KARAKTER
|
1.
|
Kegiatan Awal
1. Berdo’a
dan salam
2. Mengecek
kehadiran siswa
3. Guru
memberi apersepsi dan mengajukan pertanyaan untuk menggali kesiapan siswa
pada materi yang akan dipelajari.
4. Siswa
menjawab pertanyaan guru pada apersepsi.
5. Siswa
menyimak penjelasan guru mengenai rencana/tujuan pembelajaran (pengelompokan
diskusi).
6. Guru
memberi motivasi pada siswa
Untuk bersemangat mengikuti pelajaran yang sedang berlangsung
|
20’
|
·
Religius
·
Disiplin
·
Rasa ingin tahu
|
2.
|
Kegiatan Inti
1. Eksplorasi
·
Masing-masing kelompok memahami pengertian
surat/dokumen serta penggolongan surat berdasarkan sifatnya
2. Elaborasi
·
Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil
diskusi
·
Siswa melakukan Tanya jawab
3. Konfirmasi
·
Guru memberikan penjelasan tentang diskusi
yang dilakukan siswa
·
Guru dan siswa melakukan refleksi tentang
materi yang telah didiskusikan
|
80’
|
·
Disiplin
·
Rasa ingin tahu
·
Gemar membaca
·
Tanggung jawab
·
Bersahabat/ komunikatif
|
3
|
Kegiatan Penutup
·
Guru memberikan tugas latihan untuk dikerjakan
siswa
·
Guru menyampaikan materi untuk pertemuan
berikutnya
|
20’
|
·
|
Pertemuan Ke-2
NO
|
KEGIATAN
|
ALOKASI WAKTU
|
NILAI
KARAKTER
|
1.
|
Kegiatan Awal
1. Berdo’a
dan salam
2. Mengecek
kehadiran siswa
3. Guru
memberi apersepsi dan mengajukan pertanyaan untuk menggali kesiapan siswa
pada materi yang akan dipelajari.
4. Siswa
menjawab pertanyaan guru pada apersepsi.
5. Siswa
menyimak penjelasan guru mengenai rencana/tujuan pembelajaran (pengelompokan
diskusi).
6. Guru
memberi motivasi pada siswa
7. Untuk
bersemangat mengikuti pelajaran yang sedang berlangsung
|
20’
|
·
Religius
·
Disiplin
·
Rasa ingin tahu
|
2.
|
Kegiatan Inti
1. Eksplorasi
·
Siswa membaca dan mencoba memahami
penggolongan surat berdasarkan wujud, sasaran yang dituju
·
Siswa mendiskusikan penggunaan bahasa surat
pada surat pribadi dan surat resmi
2. Elaborasi
·
Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil
diskusi
·
Siswa melakukan Tanya jawab
3. Konfirmasi
·
Guru memberikan penjelasan tentang diskusi
yang dilakukan siswa
·
Guru dan siswa melakukan refleksi tentang
materi yang telah didiskusikan
|
80’
|
·
Disiplin
·
Rasa ingin tahu
·
Gemar membaca
·
Tanggung jawab
·
Bersahabat/ komunikatif
|
3
|
Kegiatan Penutup
·
Guru memberikan tugas latihan untuk dikerjakan
siswa
·
Guru menyampaikan materi untuk pertemuan
berikutnya
|
20’
|
·
|
Pertemuan Ke-3
NO
|
KEGIATAN
|
ALOKASI WAKTU
|
NILAI
KARAKTER
|
1.
|
Kegiatan Awal
1. Berdo’a
dan salam
2. Mengecek
kehadiran siswa
3. Guru
memberi apersepsi dan mengajukan pertanyaan untuk menggali kesiapan siswa
pada materi yang akan dipelajari.
4. Siswa
menjawab pertanyaan guru pada apersepsi.
5. Siswa
menyimak penjelasan guru mengenai rencana/tujuan pembelajaran (pengelompokan
diskusi).
6. Guru
memberi motivasi pada siswa
7. Untuk
bersemangat mengikuti pelajaran yang sedang berlangsung
|
20’
|
·
Religius
·
Disiplin
·
Rasa ingin tahu
|
2.
|
Kegiatan Inti
1. Eksplorasi
·
Siswa mendiskusikan penggunaan bahasa surat
pada surat pribadi dan surat resmi
2. Elaborasi
·
Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil
diskusi
·
Siswa melakukan Tanya jawab
3. Konfirmasi
·
Guru memberikan penjelasan tentang diskusi
yang dilakukan siswa
·
Guru dan siswa melakukan refleksi tentang
materi yang telah didiskusikan
|
80’
|
·
Disiplin
·
Rasa ingin tahu
·
Gemar membaca
·
Tanggung jawab
·
Bersahabat/ komunikatif
|
3
|
Kegiatan Penutup
·
Guru memberikan tugas latihan untuk dikerjakan
siswa
·
Guru menyampaikan materi untuk pertemuan
berikutnya
|
20’
|
·
|
Pertemuan
Ke-4
NO
|
KEGIATAN
|
ALOKASI WAKTU
|
NILAI
KARAKTER
|
1.
|
Kegiatan Awal
1. Berdo’a
dan salam
2. Mengecek
kehadiran siswa
|
20’
|
·
Religius
·
Disiplin
·
Rasa ingin tahu
|
2.
|
Kegiatan Inti
1.
Eksplorasi
·
Siswa diberi kesempatan untuk membaca dan
memahami kembali tentang seluruh materi yang telah di ajarkan
2.
Elaborasi
·
Tes / Ulangan tertulis
3. Konfirmasi
·
Siswa mengoreksi hasil ulangan sesuai dengan
bimbingan guru
|
80’
|
·
Disiplin
·
Rasa ingin tahu
·
Gemar membaca
·
Tanggung jawab
·
Bersahabat/ komunikatif
|
3
|
Kegiatan Penutup
·
Guru menginformasikan nama siswa yang harus
mengikuti program remedial di pertemuan berikutnya.
|
20’
|
·
|
Pertemuan
ke-5
NO
|
KEGIATAN
|
ALOKASI WAKTU
|
NILAI
KARAKTER
|
1.
|
Kegiatan Awal
1. Berdo’a
dan salam
2. Mengecek
kehadiran siswa
3. Guru
menginformasikan kembali nama siswa yang harus mengikuti program remedial.
|
20’
|
·
Religius
·
Disiplin
·
Rasa ingin tahu
|
2.
|
Kegiatan Inti
1. Eksplorasi
·
Siswa yang mengikuti remedial mendengarkan dan
mencermati penjelasan singkat guru mengenai materi pelajaran.
·
Siswa yang tidak mengikuti remedial membaca
materi pembelajaran selanjutnya.
2. Elaborasi
·
Ulangan remedial
3. Konfirmasi
·
Siswa mengoreksi hasil ulangan sesuai dengan
bimbingan guru
|
80’
|
·
Disiplin
·
Rasa ingin tahu
·
Gemar membaca
·
Tanggung jawab
·
Bersahabat/ komunikatif
|
3
|
Kegiatan Penutup
·
Guru menginformasikan materi pelajaran
untuk pertemuan berikutnya.
|
20’
|
·
|
V. Alat dan Sumber Belajar :
a.
Papan
tulis, spidol
b.
ATK
c.
Modul
Adm Perkantoran (Mail Handling) Penerbit Erlangga
d.
Buku
– buku yang relevan
e.
Power
Point
VI.
Penilaian
M etode penilaian :
- Test tertulis
- Tes lisan
- Penugasan
Soal-Soal :
1.
Jelaskan yang dimaksud dengan surat !
2.
Sebutkan dan jelaskan penggolongan surat menurut
wujudnya !
3.
Apakah yang dimaksud dengan kartu pos ?
4.
Jelaskan pengertian dari surat kilat khusus !
5.
Jelaskan perbedaan bahasa surat pada surat
pribadi dan surat dinas !
NO
|
NOMOR SOAL
|
SKOR/
BOBOT
|
1
|
1
|
10%
|
2
|
2
|
20%
|
3
|
3
|
25%
|
4
|
4
|
20%
|
5
|
5
|
25
|
Jumlah
|
100%
|
Skor Penilaian
Jawaban
1. Surat
adalah alat komunikasi penyampaian informasi secara tertulis yang dilakukan
antara satu pihak dengan pihak yang lain.
2.
Surat menurut sifatnya :
a.
Surat pribadi adalah surat yang digunakan
sebagai alat komunikasi penyampaian informasi dari seseorang kepada orang lain,
atau dengan instansi/swasta.
b.
Surat dinas ialah surat yang menyangkut soal
tugas atau menyangkut segi kedinasan, baik dalam perusahaan ataupun di instansi
pemerintah.
c.
Surat niaga adalah surat yang dibuat badan usaha
yang berhubungan dengan masalah niaga atau perdagangan.
d.
Surat sosial adalah surat yang menyangkut
kemasyarakatan, misalnya yang berhubungan dengan lembaga sosial.
3. Yang
dimaksud dengan kartu pos adalah lembar kartu berukuran 10 cm x 15 cm yang
dapat digunakan untuk menulis surat singkat dan tidak bersifat rahasia.
4. Kilat
khusus adalah surat dengan menggunakn amplop kilat khusus atau amplop biasa
dengan ditandai catatan kilat khusus yang harus cepat sampai kepada penerima
secara tercatat.
5. Perbedaan
surat pribadi dan surat resmi adalah bahasa surat pribadi menggunakan bahasa
yang tidak baku dan boleh berisi informasi yang melebar dari masalah. Sedangkan
surat resmi menggunakan bentuk surat baku, bahasa yang baku dan berisi
informasi yang singkat, padat, jelas dan mudah dipahami.
Mengetahui, Tangerang,
Juli 2012
Kepala SMK Voctech 2 Guru
Mata Pelajaran
Dra. Helly prihatiningsih, M.
Pd Muhammad
Fahroji, S. Pd
Komentar
Posting Komentar